NAMA : WAHYUNI
NIM :
13 3145 301 393
KELAS : J
I.
Tes objektif
A. Soal pilihan ganda
1.
Epidemiologi adalah
ilmu yang mempelajari kejadian penyakit pada masyarakat manusia merupakan
pendapat dari...
a.
Omran 1974
b.
Friedman 1994
c.
Timmreck 1994
d.
CDC 2002
Jawab : b
2.
Wabah adalah suatu
peningkatan kejadian atau kematian yang telah meluas secara cepat baik jumlah
kasusnya maupun daerah terjangkit merupakan pendapat dari...
a.
Depkes RI, Dirjen
P2MPLP 1981
b.
Beneson, 1985
c.
UU No. 4, 1984
d.
Last, 1981
Jawab
: a
3.
Di bawah ini merupakan
komponen wabah, kecuali...
a.
Kelompok penduduk di suatu
daerah
b.
Waktu tertentu
c.
Penyakit menular, Host,
dan Lingkungan
d.
Kenaikan jumlah
kejadian
Jawab
: c
4.
KLB adalah timbulnya
/meningkatnya kejadian kesakitan/kematian yang bermakna secara epidemiologi
pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu dan merupakan keadaan yang dapat
menjurus pada terjadinya wabah,pengertian di atas merupakan KLB menurut...
a.
PP no 40 thn 1992 Bab 1
Pasal 1 ayat 7
b.
PP no 40 thn 1991 Bab I
Pasal 1 ayat 7
c.
PP no 40 thn 1991 Bab 1
Pasal 2 ayat 7
d.
PP no 40 thn 1992 Bab 2
Pasal 1 ayat 7
Jawab :
b
5.
Jika kejadian penyakit
terbatas dan dapat ditanggulangi sendiri oleh pemerintah daerah dapat dikatakan
sebagai...
a.
Epidemi
b.
Surveilans
c.
KLB
d.
Outbreak
Jawab
: d
6.
Endemi adalah...
a.
Suatu episode dimana
terjadi dua atau lebih penderita suatu penyakit yang sama dimana penderita
tersebut mempunyai hubungan satu sama lain
b.
Keadaan dimana suatu
masalah kesehatan (umumnya penyakit) yang ditemukan pada suatu daerah tertentu
dalam waktu yang singkat frekuensinya meningkat.
c.
Keadaan dimana suatu
masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya dalam waktu singkat
meningkat tinggi dan penyebarannya telah mencakup wilayah yang luas
d.
Keadaan dimana suatu
masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya pada wilayah tertentu
menetap dalam waktu lama berkenaan dengan adanya penyakit yang secara normal
biasa timbul dalam suatu wilayah tertentu.
Jawab
: d
7.
Langkah persiapan dalam
penyelidikan KLB di kelompokkan dalam 3 kategori, Kecuali...
a.
Membuat Hipotesis
b.
Investigasi
c.
Administrasi
d.
Konsultasi
Jawab
: a
8.
Suatu kejadian penyakit
atau keracunan dapat dikatakan KLB apabila memenuhi kriteria sebagai berikut...
a.
Tidak ada penderita
b.
Peningkatan kejadian
penyakit/kematian, dua kali atau lebih dibandingkan dengan priode sebelumnya
c.
Jumlah penderita baru
dalam satu bulan menunjukkan penurunan dua kali lipat
d.
Angka rata-rata
perbulan selama satu tahun mengalami penurunan
Jawab
: b
9.
Tujuan dari
penyelidikan KLB/Wabah, Kecuali adalah...
a.
Sebagai bahan
penelitian dan pelatihan
b.
Upaya penanggulangan
dan pencegahan
c.
Melakukan pencatatan
dan pelaporan
d.
Memastikan diagnosis
Jawab
: c
10. Dalam suatu daerah terjadi kasus kematian balita akibat
penyakit malaria, peningkatan kasus tersebut mulai terjadi pada bulan Januari –
September 2013, kemudian terjadi penurunan kasus pada bulan Oktober 2013. kasus
tersebut termasuk...
a.
KLB (Kejadian Luar
Biasa)
b.
Case Fatality Rate
(CFR)
c.
Proportional Rate (PR)
d.
OR
Jawab
: a
11. Penyakit-penyakit menular yang tidak berpotensi menimbulkan
wabah dan KLB tetapi diprogramkan di tingkat kecamatan dan dilaporkan secara
bulanan di Puskesmas, dan seterusnya dilaporkan berjenjeng sampai ke pusat
adalah ...
a.
Diare
b.
Campak
c.
Hepatitis
d.
Gonorhoe
Jawab
: d
12. Laporan adanya penderita, atau tersangka penderita penyakit
yang dapat menimbulkan wabah adalah...
a.
Laporan kewaspadaan
(dilaporkan dalam 24 jam)
b.
Laporan investigasi
(dilaporkan dalam 24 jam)
c.
Laporan Penderita
(dilaporkan dalam 24 jam)
d.
Laporan kasus
(dilaporkan dalam 24 jam)
Jawab
: a
13. Penyakit-penyakit menular yang berpotensi menimbulkan
wabah/KLB dikelompokkan menjadi...
a.
Penyakit potensi
wabah/KLB yang menjalar dalam waktu yang cepat
b.
Penyakit menular yang
tidak berpotensi menimbulkan wabah dan KLB
c.
Penyakit yang
berpotensi menimbulkan kematian
d.
Penyakit karantina atau
penyakit wabah
Jawab
: c
14. Screening adalah...
a.
Untuk mendeteksi tahap
awal suatu penyakit pada orang yang tampak sehat tapi sebenarnya menderita
sakit tertentu yang dapat menimbulkan masalah pada masyarakat
b.
Menjaring mana yang
sakit dan yang tidak sakit
c.
Mengetahui penyakit
sedini mungkin
d.
Mengetahui penyakit
sedini mungkin, mendeteksi faktor risiko, serta tidak dapat memutus mata rantai
penularan
Jawab
: d
15. Usaha untuk mengidentifikasi suatu penyakit yang secara
klinis belum jelas dengan menggunakan pemeriksaan tertentu atau prosedur lain
yang digunakan secara cepat untuk membedakan orang – orang yang kelihatannya
sehat tapi mempunyai sakit atau betul – betul sehat adalah pengertian menurut
...
a.
WHO – Regional Committe
for Europe, 1957
b.
MC. Keown (1968)
c.
Notoadmodjo, 2005
d.
Salley Blacley, 1990
Jawab
: a
16. Yang bukan termasuk dalam tahap/Langkah-langkah screening,
kecuali adalah...
a.
Tahap menetapkan
masalah, cara pengumpulan data, menetapkan populasi, tahap melakukan
penyaringan, tahap penyusunan laporan dan tindak lanjut
b.
Tahap menetapkan
masalah, tahap penyaringan, penyusunan laporan
c.
Tahap menetapkan masalah,
pengumpulan data, pengkajian, penyusunan laporan
d.
Tahap menetapkan
masalah, cara pengumpulan data, menetapkan populasi, tahap melakukan
penyaringan
e.
Tahap pengumpulan
masalah
Jawab
: a
17. Syarat melaksanakan screening adalah...
a.
Meningkatkan kualitas
hidup
b.
Perlindungan kesehatan
masyarakat
c.
Test cukup sensitif dan
spesifik
d.
Prescriptive (untuk
anjuran/petunjuk tertentu)
Jawab
: c
18. Pap Smear adalah salah satu alat yang digunakan untuk
mendeteksi penyakit ...
a.
Ca Servix
b.
Ca Mammae
c.
Tekanan darah
d.
Jantung
Jawab
: a
19. Screening yang di lakukan pada seluruh populasi adalah...
a.
Selective screening
b.
Single disease
screening
c.
Mass screening
d.
Case finding
Jawab
: c
20. Case Finding...
a.
Merupakan salah satu
langkah penanggulangan keadaan wabah dimana untuk menemukan sumber penularan dan
atau mencari adanya kasus baru dimasyarakat
b.
Merupakan salah satu
langkah untuk menemukan atau mendeteksi suatu penyakit
c.
Merupakan peralatan
yang digunakan dalam screening
d.
Sebagai salah satu
langkah pencatatan dan pelaporan
Jawab
: a
21. Pencarian kasus terbagi menjadi 2, yaitu...
a.
Pencarian kasus secara
aktif dan menelusur kedepan
b.
Pencarian kasus secara
aktif dan pasif
c.
Pencarian kasus secara
aktif dan menelusur kebelakang
d.
Backward tracing dan
forward tracing
Jawab
: b
22. Dalam menentukan jenis alat pemeriksaan yang akan di pilih
untuk screening test perlu...
a.
Validitas value dan
predictive value
b.
Sensifitas value dan
predictive value
c.
Validitas value
d.
Sensitifitas dan
Validitas value
Jawab
: a
23. Sensitivitas ...
a.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang mengidap penyakit
diantara mereka yang sakit
b.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang mengidap penyakit
diantara mereka yang tidak sakit
c.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang tidak mengidap
penyakit diantara mereka yang tidak sakit
d.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang tidak mengidap
penyakit diantara mereka yang sakit
Jawab
: a
24. Spesifisitas ...
a.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang mengidap penyakit
diantara mereka yang sakit
b.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang mengidap penyakit
diantara mereka yang tidak sakit
c.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang tidak mengidap
penyakit diantara mereka yang tidak sakit
d.
Kemampuan dari suatu
tes untuk mengidentifikasi secara benar orang-orang yang tidak mengidap
penyakit diantara mereka yang sakit
Jawab
: c
25. False Positive ...
a.
Mereka yang tidak
sakit, dan dinyatakan positif berdasarkan hasil tes
b.
Mereka yang sakit dan
dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes
c.
Mereka yang sakit dan
dinyatakan positif berdasarkan hasil tes
d.
Mereka yang tidak sakit
dan dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes
Jawab
: a
26. Untuk tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya
meningkatkan pelayanan kesehatan adalah tujuan dari ...
a.
Screening
b.
Pencatatan
c.
Penyelidikan wabah
d.
Penyelidikan KLB
Jawab
: b
27. Di bawah in i yang mana yang termasuk sistem informasi
kesehatan saat ini...
a.
Sistem informasi
puskesmas(sp2tp)
b.
Sistem informasi rumah
sakit(sprs)
c.
Sistem recording dan
reporting terpadu 1986
d.
Jawaban A dan B benar
Jawab : d
28. Jenis data sasaran yang di perlukan untuk mendukung PWS/KIA
adalah...
a.
Jumlah seluruh bumil
b.
Jumlah seluruh bulin
c.
Jumlah seluruh bayi
usia <1 bulan (neonatal)
d.
Semua jawaban benar
Jawab : d
29. Informasi pokok sistem pelaporan rumah sakit adalah...
a.
Informasi puskesmas
b.
Informasi kegiatan
rumah sakit
c.
Sistem informasi obat
d.
Sistem informasi survei
lab
Jawab : b
30. Kegiatan posyandu yang perlu di laporkan adalah kegiatan
pemantauan kesehatan keluarga,kecuali...
a.
Siapa yang terkena
b.
Penyakit atau masalah
apa yang terjadi
c.
Data ketenangan rumah
sakit
d.
Penyebab kejadian
penyakit akut atau masalah
Jawab : c
B.
Tes Essay
1.
Menurut anda mengapa angka
kematian ibu di Indonesia saat ini masih tinggi?
Jawab
: karena system pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum makasimal
dilaksanakan. Sebagai contoh, masih banyak ibu hamil yang tidak memeriksakan
kehamilannya di tempat pelayanan kesehatan karena kurangnya pengetahuan ibu
hamil tentang pentingnya pemeriksaan antenatal. Dan salah satu penyumbang angka
kematian ibu tertinggi di Indonesia yaitu kematian ibu pada masa persalinan dan
masa persalinan itu terkait pada pemantauan pada masa antenatal.
2.
Menurut anda bagaimana
mengatasi keadaan masyarakat yang tidak peduli dengan kesehatan?
Jawab
: menurut saya cara mengatasinya yaitu dengan lebih menggalakkan penyuluhan dan
memperlihatkan bukti nyata tentang pentingnya menjaga kesehatan
3.
Menurut anda bagaimana
cara mengatasi agar angka kematian ibu di Indonesia dapat berkurang?
Jawab
: menurut saya cara untuk mengatasi angka kematian ibu yaitu dengan melakukan
usaha preventif dan promotif secara berkesinambungan dan menyeluruh kepada
semua lapisan masyarakat.
4.
Menurut anda bagaimana
mengatasi maraknya pertolongan persalinan oleh dukun?
Jawab
: cara mengatasi maraknya pertolongan persalinan oleh dukun yaitu dengan
mengadakan kemitraan dengan dukun dimana dukun yang menjaring ibu hamil untuk
ditolong oleh bidan.
5.
Menurut anda yang mana
yang akan di dahulukan budaya atau agama, terkait masalah adat istiadat
pernikahan?
Jawab
: menurut saya kita tetap harus mendahulukan agama hanya saja tetap
memperhatikan budaya selama budaya tersebut tidak mempengaruhi dan tidak
melanggar aturan-aturan agama.
6.
Bagaimana menurut anda penyebab
tingginya angka kematian bayi di Indonesia?
Jawab
: menurut saya penyebab tingginya angka kematian bayi di Indonesia hampir sama
dengan penyebab kematian ibu yaitu kurangnya kesadaran masyarakat tentang
pentingnya keberadaan tenaga kesehatan
7.
Menurut anda apakah jarak
kelahiran mempengaruhi perdarahan?
Jawab
: menurut saya jarak kelahiran mempengaruhi perdarahan karena luka tempat
implantasi placenta belum sembuh secara total dan belum siap untuk dibuahi.
8.
Menurut anda mengapa
status gizi seseorang berhubungan dengan gangguan siklus menstruasi?
Jawab
: karena gizi yang kurang akan mempengaruhi kerja hormone progesterone dan
estrogen sehingga menghambat kematangan sel telur
9.
Menurut anda apakah
mahar pernikahan cukup dengan Al-Qur’an dan seperangkat alat shalat? Berikan
alasan jawaban anda!
Jawab
: Menurut saya mahar itu lebih baik jika emas ini dikarenakan emas dapat
berguna bagi istri dikemudian hari jika suatu saat sang suami meninggalkan
istri. Dan inipun sesuai dengan sunnah Rasul
10. Menurut anda, apakah poligami dalam agama Islam harus dilakukan
oleh laki-laki? Berikan alasan jawaban anda!
Jawab
: menurut saya poligami tidak di wajibkan untuk laki-laki, kecuali jika istri
mengizinkan dan bisa berlaku adil
11. Menurut anda, apakah hamil karena korban pemerkosaan tidak
berdosa jika melakukan aborsi? Berikan alasan jawaban anda!
Jawab
: menurut saya tidak berdosa jika korban pemerkosaan tidak berdosa jika
melakukan aborsi pada umur kehamilan dibawah 16 minggu atau 4 bulan. Tetapi
jika diatas 16 minggu berdosa karena menghilangkan hak seorang janin untuk
hidup.
12. Menurut anda, apakah pengetahuan mempengaruhi sikap seseorang?
Berikan alasan jawaban anda!
Jawab
: menurut saya pengetahuan mempengaruhi sikap karena jika seseorang
berpengetahuan baik, maka sikapnya akan baik pula begitu pula sebaliknya
13. Menurut pandangan anda apakah menggunakan gigi palsu
diperbolehkan dalam islam?
Jawab
: menurut pandangan islam, menggunakan gigi palsu diperbolehkan selama niatnya
untuk memudahkan seseorang untuk mencerna makanan
14. Dalam rumah tangga apakah suami diperbolehkan untuk melakukan
penganiayaan kepada istri? Berikan pendapat anda!
Jawab
: menurut saya suami tidak boleh melakukan penganiayaan kepada istri sebab
suami sebagai pelindung dalam rumah tangga
15. Bagaimana pendangan Islam tentang kewajiban suami terhadap
istri? Berikan pendapat anda!
Jawab
: menurut saya suami wajib untuk menafkahi secara lahir dan batin
16. Menurut anda, bagaimana pandangan islam tentang istri yang
sering menentang kehendak suami?
Jawab
: menurut saya selama yang ditentang istri itu tidak melanggar aturan agama
islam, maka itu diperbolehkan
17. Menurut anda, bagaimana system pendidikan bidan di Indonesia?
Jawab
: menurut saya system pendidikan bidan di Indonesia sudah mulai maju
dibandingkan pendidikan bidan di masa lalu salah satu penyebabnya yaitu sudah
mulai ada kesetaraan gender sehingga peminat sekolah bidan. Dan terbukti sudah
dibuka pendidikan D3 kebidanan sampai S2 Kebidanan.
18. Menurut pandangan Islam bagaimana hukum bayi tabung? Berikan
alasan jawaban anda!
Jawab
: menurut saya, hukum bayi tabung dalam islam itu dihalalkan jika dilakukan
oleh sepasang suami istri yang sah
19. Menurut anda, apakah prestasi belajar siswa mempengaruhi motivasi
belajar siswa?
Jawab
: menurut saya prestasi belajar siswa sangat mempengaruhi motivasi belajar
siswa karena jika prestasi belajarnya baik maka ia akan termotivasi dalam
belajar untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
20. Menurut anda, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar
siswa?
Jawab
: menurut saya cara meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan
kata-kata motivasi dan dorongan secara terus menerus
21. Menurut anda, apakah kepadatan penduduk berdampak pada
lingkungan?
Jawab
: menurut saya kepadatan penduduk berdampak pada lingkungan karena semakin
banyak penduduk disuatu daerah/kota, maka lingkungan akan semakin tercemar
karena kesadaran manusia berbeda-beda.
22. Menurut anda, apakah jumlah anak berpengaruh terhadap
kesejahteraan keluarga?
Jawab
: menurut saya jumlah anak berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga karena
semakin banyak anak, maka akan semakin tinggi kebutuhan suatu keluarga
23. Menurut anda, apa dampak bagi kesehatan pada pernikahan
sedarah?
Jawab
: menurut saya pernikahan sedarah akan berdampak bagi kesehatan karena dapat
menimbulkan cacat bawaan pada janin
24. Menurut anda, apakah bayi yang lahir premature berpengaruh
pada tingkat IQ pada bayi tersebut?
Jawab
: menurut saya bayi yang lahir premature akan berpengaruh pada tingkat IQ pada
bayi karena perkembangan otak belum maksimal.
25. Menurut anda, apakah tenaga pengajar pada suatu institusi
berpengaruh pada kualitas lulusan?
Jawab
: menurut saya tenaga pengajar sangat berpengaruh pada kualitas lulusan, karena
semakin baik tenaga pengajarnya maka akan semakin baik pula kualitas lulusan
26. Bagaimana pendapat anda tentang program kesehatan gratis yang
dicanagkan oleh pemerintah apakah sudah efektif bagi masyarakat?
Jawab
: menurut saya program kesehatan gratis yang dijalankan oleh pemerintah sudah
mulai efektif bagi masyarakat karena itu akan membangkitkan minat masyarakat
untuk melakukan pemeriksaan gratis
27. Menurut anda, apa pengaruh maraknya kasus kehamilan pada
remaja?
Jawab
: menurut saya pengaruh maraknya kasus kehamilan pada remaja yaitu karena
kurangnya pegetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi selain itu juga
semakin bebas dan canggihnya teknologi.
28. Menurut anda, apakah amal perbuatan seseorang tergantung dari
niatnya?
Jawab
: menurut saya amal perbuatan seseorang tergantung dari niat bukan dari
perilaku atau tindakan
29. Menurut anda, apakah
agama islam menghalalkan pacaran sebelum menikah?
Jawab
: menurut pandangan islam, haram melakukan pacaran sebelum menikah karena
pacaran sebelum menikah banyak perbuatan yang mengundang zina
30. Menurut islam, apakah semua hutang wajib dibayar?
Jawab
: menurut pandangan islam, semua hutang itu wajib dibayar karena di alam
akhirat akan diambil amal baiknya oleh orang yang meminjamkan
C.
Tes sikap
Ingin mengetahui pengetahuan ibu nifas tentang pemberian ASI
ekslusif pada bayi
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1. ASI
eksklusif merupakan pemberian ASI saja pada umur 0-6 bulan, tanpa bantuan
apapun
|
Ö
|
|
2. ASI
eksklusif adalah ASI ditambah dengan susu formula
|
|
Ö
|
3. ASI
eksklusif penting untuk petumbuhan dan perkembangan bayi
|
Ö
|
|
4. Selama
menyusui, ibu nifas boleh menggunakan KB suntik 1 bulan
|
|
Ö
|
5. Metode
KB pada ibu menyusui menggunakan metode amenore laktasi (MAL)
|
Ö
|
|
6. Pemberian
ASI diberikan secara on demand
|
Ö
|
|
7. ASI
menyebabkan diare pada bayi
|
|
Ö
|
8. ASI
susah dicerna oleh bayi
|
|
Ö
|
9. Pemberian
ASI menyebabkan perdarahan pada ibu
|
|
Ö
|
10. Pemberian
ASI eksklusif termasuk KB alami
|
Ö
|
|
11. Pemberian
ASI sangat efektif, mudah, dan murah
|
Ö
|
|
12. Kualitas
ASI sama dengan susu formula
|
|
Ö
|
13. ASI
mengandung mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin
|
Ö
|
|
14. ASI
meningkatkan antibody bayi
|
Ö
|
|
15. Komponen
ASI sama dengan susu formula
|
|
Ö
|
16. Pemberian
ASI ekslusif meningkatkan hubungan ibu dan anak
|
Ö
|
|
17. Pemberian
ASI eksklusif mencegah kanker payudara
|
Ö
|
|
18. Perawatan
payudara dapat memperlancar produksi ASI
|
Ö
|
|
19. Kualitas
ASI bergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh ibu
|
Ö
|
|
20. Pemberian
ASI ekslusif dapat menurunkan berat badan bayi
|
|
Ö
|
21. Pemberian
ASI ekslusif dapat menurunkan berat badan ibu
|
Ö
|
|
22. Kandungan
gizi ASI dapat meningkatkan kecerdasan pada bayi
|
Ö
|
|
23. Pemberian
ASI eksklusif dapat merugikan ibu
|
|
Ö
|
24. ASI
mengandung kadar lemak yang tinggi dibandingkan susu formula
|
|
Ö
|
25. ASI
cepat basi jika diletakkan pada kulkas
|
|
Ö
|
26. Ibu
yang bekerja di luar rumah tidak dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya
|
|
Ö
|
27. Pemberian
ASI eksklusif dapat mempercepat pulihnya organ-organ reproduksi
|
Ö
|
|
28. Pemberian
ASI eksklusif mengurangi terjadinya perdarahan post partum
|
Ö
|
|
29. Pemberian
ASI hanya bermanfaat untuk bayi dan tidak untuk ibu
|
|
Ö
|
30. Pemberian
ASI bermanfaat untuk negara
|
Ö
|
|
II.
Perbedaan tes,
pengukuran, penilaian, dan evaluasi
Perbedaan antara tes, pengukuran dan penilaian
terletak pada waktu dan fungsinya. Tes digunakan sebagai alat atau media untuk
memperoleh informasi tentang orang lain. Pengukuran digunakan untuk memberi
angka pada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek
yang diambil dari sebuah tes. Sedangkan penilaian digunakan untuk mengambil
keputusan berdasarkan data-data yang diperoleh berdasarkan pengukuran
sebelumnya.
Selain itu perbedaan lainnya
terletak pada ruang lingkup dan pelaksanaannya. Ruang lingkup penilaian lebih
sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen atau aspek saja,
seperti prestasi belajar. Pelaksanaan penilaian biasanya dilakukan dalam
konteks internal. Ruang lingkup evaluasi lebih luas, mencakup semua komponen
dalam suatu sistem dan dapat dilakukan tidak hanya pihak internal tetapi juga
pihak eksternal. Evaluasi dan penilaian lebih bersifat komprehensif yang
meliputi pengukuran, sedangkan tes merupakan salah satu alat (instrument)
pengukuran. Pengukuran lebih membatasi pada gambaran yang bersifat kuantitatif
(angka-angka) tentang kemajuan belajar peserta didik, sedangkan evaluasi dan
penilaian lebih bersifat kualitatif. Keputusan penilaian tidak hanya didasarkan
pada hasil pengukuran, tetapi dapat pula didasarkan hasil pengamatan dan
wawancara. (Iman, 2013)
III.
Skala pengukuran dalam
mengukur sikap siswa
1.
Skala likert
Skala
Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi
seseorang atau sekelompok orang mengenai suatu gejala atau fenomena. Adapun jawaban dari skala ini mempunyai tingkatan dari
sangat positif sangat positif
sampai sangat negatif, yang dapat berupa kata-kata antara lain:
a. Sangat baik
|
1) Sangat setuju
|
a) Selalu
|
b. Baik
|
2) Setuju
|
b) Sering
|
c. Ragu-ragu
|
3) Ragu-ragu
|
c) Ragu-ragu
|
d. Tidak baik
|
4) Tidak setuju
|
d) Kadang-kadang
|
e. Sangat tidak baik
|
5) Sangat tidak setuju
|
e) Tidak pernah
|
Contoh bentuk pilihan ganda :
Berilah salah satu jawaban terhadap pertanyaan berikut sesuai dengan pendapat anda, dengan cara memberi tangda silang
pada nomor jawaban yang tersedia.
Metode OSCA akan diadakan pada tahap ujian akhir mahasiswi DIV bidan
pendidik?
a.
Sangat
tidak setuju
b.
Tidak
setuju
c.
Ragu-ragu
d.
Setuju
e.
Sangat
setuju
2.
Skala guttman
Skala pengukuran
dengan tipe ini memiliki jawaban yang tegas, yaitu “ya-tidak”;
“benar-salah”; “pernah-tidak”; “positif-negatif” dan lain-lain. Data yang
diperoleh dapat berupa data interval atau rasio dikhotomi (dua alternatif). Jika pada skala
Likert terdapat interval, dari kata “sangat setuju” sampai “sangat
tidak setuju”, maka pada skala guttman hanya ada dua interval yaitu “setuju”
dan “tidak setuju”. Penelitian menggunakan skala guttman dilakukan bila ingin mendapatkan
jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan. Skala guttman
selain dapat dibuat dalam bentuk pilihan ganda, juga dapat dibuat dalam bentuk
checklist. Jawaban dapat dibuat skor tertinggi satu (1) dan terendah nol (0).
Contoh:
Bagaimana pendapat anda, bila proses pembelajaran di Stikes Mega Rezky Makasar menggunakan bahasa
Inggris?
a.
Setuju
b.
Tidak
setuju
3.
Semantic defferensial
Skala pengukuran
ini dikembangkan oleh Osgood. Skala ini juga digunakan
untuk mengukur sikap, hanya bentuknya tidak pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu
garis kontinum yang jawaban “sangat
positifnya” terletak di bagian kanan garis, dan jawaban yang “sangat negatif” terletak di bagian
kiri garis, atau sebaliknya. Data yang diperoleh adalah data interval, dan
biasanya skala ini digunakan untuk mengukur sikap/karakteristik tertentu yang
dipunyai oleh seseorang.
Contoh:
Bagaimana pembelajaran Evaluasi Pendidikan di kelas anda?
Mudah dimengerti 5 4 3 2 1 Sulit dimengerti
Sederhana 5 4 3 2 1 Sulit
Tugas cukup 5 4 3 2 1 Tugas terlalu banyak
Evaluasi objektif 5 4 3 2 1 Evaluasi tidak objektif
Responden yang memberi penilaian dengan angka 5,
berarti persepsi responden terhadap mata kuliah
Evaluasi Pendidikan itu sangat
positif, sedang bila memberi jawaban pada angka 3, berarti netral, dan memberi
jawaban pada angka 1, maka persepsi responden terhadap mata kuliah Evaluasi Pendidikan
sangat negatif.
4.
Rating scale
Data-data skala
yang diperoleh melalui tiga macam skala yang dikemukakan di atas adalah data
kualitatif yang dikuantitatifkan. Berbeda dengan rating scale, data yang
diperoleh adalah data kuantitatif (angka) yang kemudian ditafsirkan dalam
pengertian kualitatif. Seperti halnya skala lainnya, dalam rating scale responden
akan memilih salah satu jawaban kuantitatif
yang telah disediakan. Rating scale lebih fleksibel, tidak saja
untuk mengukur sikap tetapi dapat juga digunakan untuk mengukur persepsi
responden terhadap fenomena lingkungan, seperti skala untuk mengukur status
sosial, ekonomi, pengetahuan, kemampuan, dan lain-lain. Dalam rating scale,
yang paling penting adalah kemampuan menterjemahkan alternatif jawaban yang
dipilih responden. Misalnya responden memilih jawaban angka 2, tetapi angka 2
oleh orang tertentu belum tentu sama dengan angka 2 bagi orang lain yang juga
memiliki jawaban angka 2.
Contoh:
Bagaimana pelayanan pengelola di Prodi DIV bidan
pendidik?
Berilah jawaban dengan angka :
a.
Poin 4 bila pelayanan pengelola
sangat baik
b.
Poin 3 bila pelayanan pengelola cukup baik
c.
Poin 2 bila pelayanan pengelola kurang baik
d.
Poin 1 bila pelayanan pengelola sangat tidak baik
Jawablah dengan
melingkari nomor jawaban yang tersedia sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No.
Item
|
Pernyataan tentang kualitas
pelayanan pengelola
|
Interval jawaban
|
1.
2.
3.
|
Proses pengurusan
KRS
Keramahan saat
memberikan pelayanan
Keantusiasan saat
menerima keluhan mahasiswa
|
4
3 2 1
4 3 2
1
4 3
2 1
|
IV.
Tujuan dan Fungsi
Evaluasi Pendidikan
1. Tujuan Evaluasi Pendidikan.
Tujuan diadakannya evaluasi pendidikan adalah:
a.
Bagi
siswa.
Dengan diadakannya evaluasi atau penilaian maka siswa
dapat mengetahui apakah hasil pekerjaannya memuaskan atau tidak.
b.
Bagi tenaga
pengajar.
1)
Tenaga
pengajar akan mengetahui siswa mana yang berhak melanjutkan dan mana tang tunda
atau tinggal.
2)
Tenaga
pengajar akan mengetahui apakah materi yang di ajarkan suadah tepat atau belum.
3)
Tenaga
pengajar akan mengetahui apakah metode yang gunakan untuk mengajar sudah tepat
atau belum.
c.
Bagi
institusi.
1)
Institusi
dapat mengetahui kondisi belajar yang ada sudah tepat atau belum.
2)
Informasi
dari tenaga pengajar tentang tepat tidaknya kurikulum.
3)
Informasi
penilaian yang diperoleh dari tahun ketahun, sehingga dapat digunakan sebagai
pedoman.
2.
Fungsi
Evaluasi Pendidikan.
Fungsi evaluasi ada beberapa hal :
a.
Evaluasi
berfungsi selektif.
Guru mempunyai cara untuk megadakan seleksi bagi calon
siswa, untu memilih siswa naik tidaknya ke tingkat lanjut, untuk memilih siwa
yang seharusnya dapat biasiswa, untuk memilih siswa yang berhak meninggalkan
sekolah.
b.
Evaluasi
berfungsi diagnostik.
Guru akan mengetahui kelemaha-kelemahan pada siswa dan
tahu penyebabanya serta mengetahui bagaiman cara mengatasinya.
c.
Evaluasi
berfungsi sebagai penempatan.
Guru dapat menmpatkan siswanya yang mempunyai
kemempuan yang sama dan kelompok yang sama.
d.
Evaluasi
berfungsi sebagai pengukuran keberhasilan.
Hal
ini bermaksud utuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program.
V.
Bagaimana menurut anda
tentang eksisitensi Ujian Akhir Nasional (UAN) yang pada hakikatnya hanya
menilai aspek kognitif semata dan aspek afektif dan psikomotorik terabaikan?
Jawab
: menurut saya UAN boleh saja dilakukan asalkan kualitas, sarana dan prasarana
semua sekolah di Indonesia itu sama. Tetapi pada kenyataannya kualitas, sarana
dan prasarana di seluruh Indonesia itu berbeda-beda karena pemerataan system
pendidikan belum merata secara maksimal terutama pada daerah-daerah terpencil dan
daerah perbatasan, oleh karenanya UAN sebaiknya tidak dilakukan.
1xbet Casino Review 2021 - Play at one of the best online
BalasHapus1xbet planet win 365 casino offers 카지노사이트 a great gaming atmosphere, an easy-to-use payment system, and the ability to play games 1xbet on mobile without having to be